Mengatasi Anak Susah Makan

Mengatasi Anak Susah Makan – Pada usia balita, biasanya anak-anak mengalami masalah susah makan atau mereka cenderung suka pilih-pilih makanan. Anak susah makan merupakan masalah yang sering dikeluhkan orang tua, terutama para ibu.

Tak jarang masalah tersebut membuat para ibu stress dan tertekan. Hal itu sangatlah wajar mengingat para ibu sangat khawatir jika anaknya mengalami kekurangan gizi yang dapat menghambat tumbuh kembangnya. Untuk itu, berbagai macam cara dilakukan oleh para ibu untuk mengatasi anak susah makan.

Mengatasi Anak Susah makan

Sebenarnya, cara mengatasi anak susah makan tidak bisa dilakukan secara instan, karena dibutuhkan usaha yang berkesinambungan dari sang ibu dan juga keluarganya.

Selain itu, ibu juga harus mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab anak menjadi susah makan, diantaranya adalah faktor fisik, seperti : adanya gangguan pada saluran pencernaan, infeksi pada tubuh anak, dan faktor psikis yakni trauma akibat paksaan untuk makan, suasana makan yang kurang menyenangkan, keluarga yang bermasalah, dan lain-lain.

Jika anak mengalami masalah fisik, maka tindakan yang tepat adalah segera membawanya ke dokter agar dilakukan penanganan lebih lanjut. Namun, jika masalahnya adalah karena faktor psikis, maka dibutuhkan peran serta dari keluarganya.

Selain kedua faktor di atas, ada baiknya orang tua juga memperhatikan pola makan dan kebiasan anak, misalnya apa saja yang membuat anak menjadi susah makan atau tidak berselera makan (lauk atau sayuran yang tidak disukainya), memperhatikan makanan yang disukai anak, dan menghindarkan anak dari sesuatu yang mengganggu kegiatan makan (bermain, menonton TV, dan lain-lain).

Dari sini bisa disimpulkan bahwa banyak cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi anak susah makan, diantaranya adalah :

  • Memberikan makan pada anak dalam porsi sedikit tapi sering
  • Hindari memaksa anak untuk menghabiskan makanannya karena hanya akan menyebabkan trauma
  • Kreatif dalam menciptakan menu masakan buat anak karena hal ini akan meningkatkan nafsu makan anak.
  • Ciptakan suasana makan yang menyenangkan, misalnya makan bersama keluarga besar
  • Hindarkan anak dari kegiatan yang mengganggu acara makannya, misalnya makan sambil bermain, menonton TV, dan lain-lain.
  • Agar tidak bosan, ibu harus pandai mengkombinasikan menu makan anak
  • Apabila anak tidak suka makanan tertentu, maka ibu harus pandai menyiasatinya, misalnya jika anak tidak suka sayur ibu bisa menyelipkan sayur ke dalam menu favoritnya atau mencampurnya ke dalam jus buah.
  • Untuk melengkapi kebutuhan gizinya, buatlah cemilan sehat untuk menemani aktivitasnya.
  • Sementara, jangan paksa anak untuk mengonsumsi makanan yang kurang disukainya.
  • Perlahan-lahan, berikan pengertian pada anak tentang pentingnya mengonsumsi makanan, misalnya supaya sehat dan kuat seperti tokoh favoritnya.

Demikian cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anak susah makan, agar lebih jelasnya ada baiknya jika Anda juga mempelajari artikel Solusi anak susah makan.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply